Gagal Selamatkan Sandera di Nigeria, Diplomatik Italia-Inggris Memanas

Christopher McManus (Reuters) Jakarta Hubungan diplomatik Italia dan Inggris tengah memanas. Sebabnya, upaya penyelamatan warga Italia yang disandera kelompok bersenjata di Nigeria oleh pasukan Inggris dianggap gagal. Warga Italia yang diketahui bernama Franco Lamolinara tewas dalam operasi pembebasan yang dilakukan pasukan Nigeria bersama Inggris. Sementara pemerintah Inggris tidak menginformasikan kepada pemerintah Italia sebelum melancarak operasi pembebasan tersebut.

Sebenarnya, bukan hanya warga Italia yang menjadi korban. Seorang warga Inggris, Chris McManus juga ikut tewas ketika akan dibebaskan oleh pasukan negaranya.

Keduanya, Chris McManus dan Franco Lamolinara, diculik kelompok bersenjata di Nigeria saat bekerja untuk sebuah perusahaan konstruksi di Barat Laut Nigeria pada Mei tahun lalu.

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, keduanya dibunuh oleh kelompok bersenjata yang menculiknya ketika misi penyelamatan yang melibatkan tentara Nigeria dan Inggris digelar.

Sementara Presiden Italia Giorgio Napolitano mengecam tindakan sepihak pemerintah Inggris yang menggelar misi penyelamatan tanpa menginformasikan pemerintah Italia. “Perilaku pemerintah Inggris untuk tidak menginformasikan Italia tidak bisa diterima, klarifikasi politik dan diplomatik yang diperlukan, ” kecam Napolitano sebagaimana diberitakan Reuters yang dilansir Chicagotribunne, Jumat(9/3/2012).

Menteri Luar Negeri Italia, Giulio Terzi mengatakan, dirinya mendesak rekannya. Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague untuk memberikan informasi yang diperlukannya dalam beberapa jam mendatang.

Dia mengatakan, tindakan Inggris telah menyebabkan sakit mendalam bagi keluarga besar Italia terhadap peristiwa yang terjadi.

Kelompok bersenjata itu diketahui sebagai faksi militan sekte Boko Haram yang memiliki hubungan dengan Al-Qaeda sayap Afrika Utara.

Boko Haram semakin menggencarkan perlawanan terhadap pemerintah sejak tiga tahun terakhir. Boko Haram seringkali disalahkan sebagai otak di balik sejumlah pemboman yang terjadi di Nigeria.

About irfanstmik

KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA UNTUK MEMPEROLEH KEPERCAYAAN

Posted on March 10, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: