Ketua Muda MA Ada yang Kesurupan Saat Rapat Pimpinan

Ketua Muda MA Ada yang Kesurupan Saat Rapat Pimpinan

Andi Saputra – detikNews

Kamis, 08/03/2012 05:40 WIB

Jakarta Ritual mistis lembaga peradilan tertinggi di Indonesia terungkap dalam buku ‘Runtuhnya Institusi Mahkamah Agung’. Bahkan ada perilaku mistis ini dibawa ke dalam rapat dan menjadi dasar pembuat kebijakan.

“Ketua Muda X mulai kesurupan, kadang-kadang bahkan dalam rapat pimpinan. Dimana ia dengan terang-terangan menuduh hakim agung yang lain, bahkan Ketua Mahmakah Agung (MA) dituduh melakukan penyelewengan,” kata Sebastian Pompe.

Peneliti dari Belanda ini mengungkapkannya dalam halaman 592 seperti dikutip detikcom, Kamis (8/3/2012).

Bahkan mistisme ini berkembang menjadi ancaman bagi staf MA. Pernah seorang Ketua Muda MA pensiun disusul kematian stafnya atau sakit yang tidak tertanggulangi.

“Ada begitu banyak penyakit dan kematian staf MA yang tidak saya ragukan itu adalah ulah Ketua Muda X. Di kantor kami, anak yang baru lahir dari seorang pegawai mendadak meninggal tanpa sebab apapun. Ada anak pegawai yang lain mati tercekik tali pusar melilit leher. Sudah begitu banyak sekali selain mereka yang sakit parah atau meninggal dunia,” ungkap sumber Pompe yang dilakukan pada 1994.

Kedekatan dengan penasehat sipritual juga dilakukan oleh Ketua MA pada waktu lalu. Gara-gara kedekatan ini, Ketua MA tersebut menghadiahi jam mahal dari Swiss untuk penasehat spiritual tersebut.

“Para hakim agung yang mempercayai mistik mengajak asisten mereka ke kuburan dan gunung berapi, bersemedi dan melakukan hal-hal magis disana,” tulis Pompe lagi.

Buku ini merupakan kajian Pompe yang dipresentasikan di luar negeri pada 1996. Lantas kajian tersebut hadir dalam buku berbahasa Inggris pada 2005 silam yang beredar di berbagai negara dan menjadi refrensi utama dalam mengkaji hukum di Indonesia. Bulan Februari 2012 LeIP menerbitkan buku tersebut dalam bahasa Indonesia.

“Rangkaian fakta dan analisis dalam buku ini tentu akan menjadi bahan perdebatan bagi para pemerhati dan praktisi hukum dan peradilan,” tulis LeIP dalam lembaran kata pengantar.

(asp/mpr)

Baca Juga

About irfanstmik

KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA UNTUK MEMPEROLEH KEPERCAYAAN

Posted on March 8, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: