Nadal Diusik TV Prancis, Spanyol Meradang

Browser anda tidak mendukung iFrame

(screenshot Youtube)

Madrid – Sebuah video yang ditayangkan stasiun televisi Prancis Canal+ secara khusus membuat Federasi Tenis Spanyol (RFET) berang. Pasalnya video itu memberi indikasi kalau petenis Rafael Nadal dan rekan-rekan atlet senegaranya suka menggunakan doping.

Video kontroversial itu tampil di dalam sebuah tayangan sketsa dari acara “Les Guignols”. Di video itu, sebuah sosok yang mirip Nadal ditampilkan mengisi tangki bahan bakarnya dengan air seninya sendiri sebelum kemudian dihentikan polisi lalu lintas karena melaju terlalu cepat (lihat videonya di sini).

Di akhir tayangan tersebut muncul tulisan “Atlet-atlet Spanyol. Mereka menang bukan karena kebetulan” di tengah-tengah layar, dikelilingi logo-logo federasi olahraga Spanyol, termasuk tenis, sepakbola dan balap sepeda.

Video tersebut tak pelak bikin RFET meradang. Disiarkan setelah pebalap sepeda Spanyol Alberto Contador dihukum dua tahun karena positif doping di Tour de France 2012, jelas bahwa materi tayangan itu adalah cibiran terhadap atlet-atlet Spanyol secara umum, dan dunia tenis Spanyol dan Nadal pada khususnya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Rabu (8/2/2012), RFET pun menegaskan sudah berencana menuntut Canal+ atas tudingan “memublikasikan sebuah video yang menggunakan emblem dan anagram federasi (olahraga Spanyol), dan berisikan sindiran keras yang merusak dan tidak dapat diterima”.

RFET juga akan menuntut agar video itu segera ditarik, logo-logo yang muncul juga tak digunakan lagi, dan Canal+ membayar denda atas penggunannya yang tanpa izin.

“Dalam kejadian ini batas-batas yang dapat ditoleransi sudah dilanggar dan kami di RFET tidak bisa mengabaikan pendiskreditan dan penghinaan terhadap para atlet kami,” tegas Presiden RFET Jose Luis Escanuela.

Tayangan dari Canal+ itu sendiri juga disebut-sebut sebagai sebuah bentuk “serangan” teranyar dari kubu Prancis ke para atlet Spanyol. Pada bulan November lalu, kampiun Prancis Terbuka 1983 dari Prancis, Yannick Noah, juga menuduh sukses para atlet Spanyol adalah berkat “ramuan ajaib”.

About irfanstmik

KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA UNTUK MEMPEROLEH KEPERCAYAAN

Posted on February 9, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: