Penyerahan Berkas Dukungan Cagub Independen Pemilukada DKI Dimulai

Jakarta – Bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang maju melalui jalur perseorangan (independen) pada Pemilu Kada DKI Jakarta bisa mulai menyerahkan berkas dukungan yang mereka kumpulkan ke KPU mulai hari ini. Sebagai syarat utama, pasangan calon harus menyertakan dukungan suara dari warga Jakarta minimal 4 persen dari total penduduk Jakarta.

“Ya hari ini penyerahan berkas dukungan untuk bakal calon independen Pilgub DKI dibuka,” terang Ketua KPU DKI Jakarta, Juri Ardiantoro saat dihubungi, Rabu (8/2/2012).

Proses penyerahan berkas dilakukan di aula gedung Perpusatakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan. Pendaftaran akan dibuka sejak pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

“Penyerahan mulai hari ini sampai tanggal 12 Februari,” katanya.

Setelah proses penyerahan berkas selesai, selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi. Verifikasi ini akan dilakukan dalam waktu 14 hari setelah penyerahan berkas ditutup.

“Lalu kita tambahkan lagi waktu seminggu untuk calon yang mungkin harus melengkapi beberapa data. Yang penting saat penyerahan awal dia sudah memenuhi syarat utama yaitu berkas dukungan berupa KTP warga DKI sebanyak 4 persen dari total seluruhnya penduduk DKI Jakarta atau sekitar 407.340 dukungan dari penduduk Jakarta 10.183.498 jiwa,” jelasnya.

Ada sekitar 50 petugas yang disiapkan KPU untuk membantu para calon saat melakukan penyerahan berkas. Dia berharap calon-calon independen ini tidak mendaftar di batas-batas akhir waktu yang telah disiapkan.

“Saya berharap kalau memang syarat sudah terpenuhi alangkah lebih baik jika mendaftar lebih awal,” tambahnya.

Jika tidak ada halangan, Pemilu Kada DKI Jakarta akan diselenggarakan pada bulan Juli mendatang. Nama-nama yang akan bersaing memperebutkan kursi DKI 1 pun mulai berseliweran termasuk nama Gubernur DKI Jakarta saat ini Fauzi Bowo.

Pemilu Kada kali ini juga diramaikan oleh kemunculan calon independen. Dua nama pasangan yang paling mencolok maju dari jalur perseorangan dalam Pemilu Kada kali ini yaitu Faisal Basri-Biem Benyamin dan Marsda (Purn) Prayitno Ramelan-Teddy Suratmadji.

About irfanstmik

KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA UNTUK MEMPEROLEH KEPERCAYAAN

Posted on February 8, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: