Sektor Pendidikan Jadi Lahan Subur Korupsi di Tahun 2011

Jakarta – Sepanjang tahun 2011 terdapat 436 kasus korupsi yang saat ini ditangani aparat penegak hukum. Dari analisis Indonesia Corruption Watch (ICW), sektor pendidikan justru menjadi lahan yang paling subur kasus korupsi.

Demikian temuan ICW yang dirilis di kantor ICW, Jl Kalibata Timur 14, Jakarta, Minggu (5/2/2012).

“Tiga yang paling korup yaitu sektor pendidikan 54 kasus, diikuti sektor keuangan daerah dengan 51 kasus dan sektor sosial kemasyarakatan 42 kasus,” ujar peneliti ICW, Agus Sunaryanto.

Menurut ICW, tingginya kasus korupsi di sektor pendidikan adalah hal baru. Karena di tahun 2010, sektor yang paling tinggi angka korupsinya adalah sektor infrastruktur dengan 85 kasus. Kedua sektor keuangan daerah sebanyak 82 kasus dan pendidikan 47 kasus.

“Sektor pendidikan yang paling tinggi angka kejadian korupsinya perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah,” terangnya.

Keadaan ini harus diwaspadai karena sektor pendidikan memperoleh porsi yang paling besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negar (APBN). Untuk itu Kemendiknas, Dinas-dinas pendidikan daerah serta aparat penegak hukum diminta untuk mengawasi penggunaan anggaran di sektor pendidikan tersebut.

“Untuk beberapa sektor strategis belum ada korupsi yang ditangani oleh aparat penegak hukum. Sektor pendidikan ini harus benar-benar diawasi,” imbuhnya.

About irfanstmik

KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA UNTUK MEMPEROLEH KEPERCAYAAN

Posted on February 6, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: