Mulai 1 April 2012 Mobil Dinas ‘Diharamkan’ Pakai Bensin Premium


Foto: dok.detikFinance

Jakarta – Rencana pembatasan konsumsi BBM subsidi bakal dilakukan tahun ini. Pemerintah menyatakan, mulai 1 April 2012 seluruh kendaran dinas ‘plat merah’ di Indonesia tak boleh pakai bensin premium.

Demikian disampaikan oleh Menteri ESDM Jero Wacik dalam rapat dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/1/2012).

“Mulai 1 April 2012, semua kendaraan dinas di seluruh Indonesia tidak boleh lagi menggunakan premium,” tegas Jero.

Jadi kendaraan ‘plat merah’ nanti harus menggunakan bensin non subsidi yaitu pertamax atau pertamax plus. Namun untuk menyiasati mahalnya pertamax cs, pemerintah siap memasangkan converter kit BBG di mobil-mobil dinas pemerintahan.

“Harapannya, konsumsi premium dapat berkurang apabila semua kendaraan dinas dilarang menggunakan premium,” ucap Jero. Pada 1 April 2012 pemerintah tetap akan menjalankan program konversi BBM ke BBG.

Program konversi ini dilakukan secara bertahap. Sasaran pertama adalah di Jebodetabek, Jawa-Bali, lalu bertahap secara nasional.

“Fokus utama diversifikasi ini untuk kendaraan umum dan kendaraan dinas, dan BBG-nya ada yang menggunakan CNG (Compressed Natural Gas) dan LGV (Liquefied Gas for Vehicles), untuk LGV khusus untuk daerah yang tidak memiliki potensi gas,” jelasnya lagi.

Saat ini kata Wacik, pemerintah sudah menyiapkan pasokan gas untuk daerah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat sebanyak 6,1 juta kubik per hari (mmscfd).

“Sementara di Jatim tersedia 6,1 juta mmscfd dan cadangan untuk stand by sebesar 5,1 juta mmscfd,” tandasnya.

Selain mobil plat merah di seluruh Indonesia, pemerintah mulai 1 April 2012 juga berencana untuk melarang mobil pribadi ‘plat hitam’ menggunakan bensin premium. Pengguna mobil pribadi didorong pemerintah untuk beralih dari BBM ke BBG dengan menggunakan converter kit. Namun sampai saat ini harga converter kit masih cukup mahal yaitu Rp 12 juta.

About irfanstmik

KEJUJURAN ADALAH MODAL UTAMA UNTUK MEMPEROLEH KEPERCAYAAN

Posted on January 30, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: